Terbanyak di Baca

Arsip Blog

Tugas Makul ARKOM


Tugas Arsitektur Komputer
CISCComplex Instruction Set Computing. Rangkaian instruksi built-in pada processor yang terdiri dari perintah-perintah yang kompleks. Instruksi-instruksi yang tersedia memberikan kemudahan bagi para programmer dalam mengembangkan aplikasi untuk plattform CISC. Di lain pihak, banyaknya instruksi dalam CISC dapat mengurangi kecepatannya. CISC merupakan kebalikan dari RISC, biasanya digunakan pada keluarga processor untuk PC (Intel, AMD, Cyrix).
Pada arsitektur CISC seperti Intel x86, yang diperkenalkan pada tahun 1978, yang terdiri dari ratusan instruksi program - perintah-perintah sederhana yang menginstruksi sistem menambah angka, menyimpan nilai, dan menampilkan hasilnya. Bila semua instruksi panjangnya sama, instruksi sederhana akan memboroskan memori. Instruksi sederhana membutuhkan kapasitas atau ruang penyimpanan sebanyak 8 bit, sementara instruksi yang paling kompleks mengkonsumsi sebanyak 120 bit. Sehingga hal tersebut akan mengurangi dan mempengaruhi kecepatannya.
Arsitektur berbasis CISC juga memungkinkan para perancang prosesor untuk menambahkan set instruksi tambahan untuk keperluan tertentu disamping set instruksi standar yang sudah ada, misalnya set instruksi MMX (Multimedia Extension) yang ditambahkan pada prosesor buatan Intel, dan 3Dnow! pada prosesor keluaran AMD. Maka dari itulah keluarga prosesor CISC lebih banyak digunakan dalam komputer pribadi dimana aplikasinya lebih luas, sementara keluarga prosesor RISC hanya digunakan pada workstation yang biasanya memiliki lingkup aplikasi yang lebih sempit.
RISCReduced Instruction Set Computing. Rangkaian instruksi built-in pada processor yang terdiri dari beberapa perintah yang lebih ringkas dan lebih fleksibel dibandingkan dengan CISC. RISC memiliki keunggulan dalam hal kecepatannya sehingga banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan kalkulasi secara intensif. Konsep RISC pertama kali dikembangkan oleh IBM pada era 1970-an. Komputer pertama yang menggunakan RISC adalah komputer mini IBM 807 yang diperkenalkan pada tahun 1980. Dewasa ini, RISC digunakan pada keluarga processor buatan Motorola (PowerPC) dan SUN Microsystems (Sparc, UltraSparc). Secara kuantitas RISC lebih mendominasi dalam penggunaannya bila dibandingkan dengan CISC, karena struktural perintahnya lebih sedikit dan fleksibel sehingga hal tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja atau kecapatan dari prosesor, berbeda dengan CISC yang memiliki struktural intruksi yang lebih kompleks sehingga hal itu memperlambat kinerjaprosesor, sekalipun hal tersebut memberi keuntungan dalam pengembangan aplikasi plattform bagi para programmer.
KARAKTERISTIK RISC
· Satuinstruksipersiklus
· Operasiregister to register
· Mode pengalamatanyang sederhana
· Format instruksiyang sederhana
· Desainhardwired (tanpamicrocode)
· Format instruksiyang fix
· Prosescompile yang cepat

SUPERSCALAR

Superscalar adalah arsitektur prosessor yang memungkinkan eksekusi yang bersamaan (parallel) dari instruksi yang banyak pada tahap pipeline yang sama sebaik tahap pipeline yang lain.
Superscalar mampu menjalankan Instruction Level Parallelism dengan satu prosesor. Superscalar dapat diaplikasikan di RISC dan CISC, tapi pada umumnya RISC.
Contoh CPU yang telah menerapkan arsitektur superscalar : Intel Processors
• 486, Pentium, Pentium Pro

Superscalar Processor Design
• Use PowerPC 604 as case study
• Speculative Execution, Register Renaming, Branch Prediction
More Superscalar Examples
• MIPS R10000
• DEC Alpha 21264
Berikut perbandingan superscalar dengan system i386
Cycles Per Instruction
Pengertian Superscalar
Salah satu jenis dari arsitektur, dimana superscalar adalah sebuah uniprocessor yang dapat mengeksekusi dua atau lebih operasi scalar dalm bentuk paralel.
· Satukesatuaninstruksi (berupa ; arithmetic, pembacaan/penyimpanan, conditional branch) yang dapatdiinisialisasidandieksekusisecarabebas (tidaktergantunginstruksi lain).yang diaplikasikanpadasistem RISC & CISC
Alasandesain Superscalar
· Sebagianbesaroperasimenggunakanbesaran/nilaiskalar
· Operasiinimemungkinkanpeningkatankinerjasistemhingga level tertentu
Organisasi Superscalar secaraumum

BACA JUGA

Ditulis Oleh : Unknown // 6/15/2012

0 comments:

Posting Komentar